PUNYA IMPIAN SAJA TIDAK CUKUP

Impian adalah  sesuatu hal yang ingin kita raih,kita dapatkan atau kita capai, berbeda dengan cita-cita. Sedangkan cita-cita adalah sesuatu yang ingin kita capai di sertai dengan perencanaan dan tindakan untuk mencapainya. Dari pengertian tersebut dapat kita bedakan antara mimpi dengan cita-cita.

Dalam meraih kesukses tidak cukup kalau kita hanya punya impian, perlu yang namanya perencanaan yang matang serta tindakan nyata untuk mencapainya. Nah disini saya akan memberikan cara untuk merencanakan sebuah impian dan cara untuk melakukan tidakan nyata yang harus dilakukan.

Banyak diantara kita yang sudah mempunya impian diseratai dengan rencana dan tidakanyata tapi belum menemukan kesuksesan. Ada beberapa penyebab kesuksesan belum bisa diperoleh,diantaranya adalah:

1.      Tidak mempunyai tujuan yang jelas dan spesifik

Layaknya sebuah perjalanan kita perlu alamat tujuan yang jelas untuk memudahkan kita dalam menentukan kendaraan,jalan yg harus ditempuh,persiapan yang harus di siapkan dan hal-hal lain yang di perlukan. Seperti itu juga dengan merencanakan sebuah impian, kita harus membuat sebuah rencana yang jelas dan teerperinci. Semakin jelas atau terperinci impian kita semakin mudah dalam mencapainya.tuliskan tujuan utamanya dan komponen-komponen   yang perlu disiapkan baru setelah itu buat rencana kerja yang harus dilakukan.

2.      Tidak mempunyai gairah untuk meujutkanya.

 Hal ini berhubungan dengan motifasi kita untuk meraihnya,kita butuh motifasi atau gairah untuk mencapai suatu tujuan, motifasi terbaik itu adalah keadaan kepept,karena dalam keadaan kepept setiap orang di paksa untuk berkata “saya harus bisa”. Dalam kondisi seperti ini orang akn terpacu untuk melakukan hal yang harus dilakukan dan dalam keadaan seperti ini semua potensinya akan kelur. Pertanyaanya bagai mana kalau kita tidak dalam keadaan kepepet? Tentu vcara yang paling gampang adalah dengan memberanikan diri untuk langsung terjun kedalam masalah, atau sebagai contoh kita mempunyai impian untuk membuka usaha,langsung saja mencari tempat yamg bisa disewa dan langsung nyatakan kepada pemilik kalau kita akan menyewa tempatnya walaupun belum mempunyai persiapan yang lain. Dengan kondisi seperti ini kita akan terpacu untuk mempersiapkan langkah-langkah yang perluv di persiapkan. Cara ini sebenarnya bukan cara yang di anjurkan banyak orang,tapi cara ini bisa jadi alternatif bagi kita yang tidak punya motifasi dalam mencapai impianya dan tidak jarang orang yang sukses dalam bidang apapun dengan menggunakan cara ini.

3.      Tidak ada deadline.

Dalam mencapai impian kita perlu membuat batas-batas atau target kerja yang sudah di rencanakan,tampa adanya target impian sering tertunda bahkan tidak pernah terwujud. Deadline ini di buat untuk mensiasati sifat manusia yang senag menunda-nunda pekerjaan.sekali ada pekerjaan yang tertunda maka pekerjaan selanjutnya akan mengalami hal yang sama,yang berakibat kita gagal mencapai impian.

4.      Tidak focus terhadap tujuanya.           

Tidak ada salahnya jika kita mempunyai banyak keinginan atau banyak, tapi ada baiknya kita fokus ke satu impian dulu. Tujuanya adalah supaya kita bisa membuat persiapan dan tidakan yang maksimal. Sebagai contoh dalam olah raga,tidak pernah kita temukan atlit propesional yang menguasai lebih dari satu cabang olah raga.seperti itu juga dengal impian lainya. Mendalami hanya dalam satu bidang akan menjadikan kita menjadi orang yang mempunyai keahlian di atas rata-rata dalam bidang tersebut. Tapi bukan berarti kita tidak boleh mempelajari ilmu lain, kita memang harus mempunyai atau mempelajari ilmu lain selama tidak menggeser focus yang sudah kita buat. Kadang kita juga terjebak dengan impian yang terlalu tinggi yang mengakibatkan kita malas untuk mengejarnya karena sulit. Seperti yang kita ketahui bahwa untuk mencapai sesuatu yang besar kita harus melakukan langkah-langkah kecil terlebih dahulu. Semua harus dilakukan dengan bertahap supaya mudah melakukanya dan kita lebih bersemangat untuk menggapainya.

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s